Minat belajar biologi siswa kelas x man 2 Kota Banjarmasin menggunakan game edukatif quizizz

Authors

  • Murni Awaliah Rahmadani Pendidikan Biologi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Kalimantan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia, 70122 Author
  • Rufaidah Pendidikan Biologi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Kalimantan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia, 70122 Author
  • Rabiatul adawiyah Pendidikan Biologi, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas PGRI Kalimantan, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia, 70122 Author

Keywords:

minat belajar, biologi, game edukatif, quizizz

Abstract

Minat belajar memegang peran penting dalam proses belajar mengajar sebagai dorongan bagi siswa untuk memusatkan perhatian pada mata pelajaran. Dalam pembelajaran biologi, tidak cukup hanya menghafal materi; pemahaman konsep adalah hal utama. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru biologi kelas X, diketahui bahwa sebagian besar siswa kurang memperhatikan, tidak aktif, sering keluar masuk kelas, dan ada pula yang sibuk bermain handphone saat pelajaran berlangsung. Pembelajaran berbasis permainan adalah pendekatan kreatif yang membantu siswa memahami konsep secara menyenangkan, sehingga informasi atau konsep baru bisa bertahan lebih lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur minat belajar siswa kelas X pada pelajaran biologi menggunakan game edukatif Quizizz. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi 72 siswa kelas X MAN 2 Kota Banjarmasin, terdiri dari 36 siswa kelas X H dan 36 siswa kelas X I. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert dengan indikator minat yang meliputi perhatian, perasaan senang, ketertarikan, dan keterlibatan. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor angket, lalu diinterpretasikan dalam kategori: sangat baik, baik, kurang baik, dan tidak baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% siswa menunjukkan minat yang baik saat mengikuti pembelajaran biologi menggunakan Quizizz; mereka merasa senang, termotivasi, dan lebih semangat belajar biologi. Setelah penggunaan Quizizz, minat belajar siswa kelas X MAN 2 Banjarmasin tergolong sangat tinggi, dengan persentase 92,80%. Indikator perasaan senang memiliki persentase tertinggi (85,15%), diikuti perhatian (82,33%), dan keterlibatan (76,71%). Temuan ini mengindikasikan bahwa Quizizz efektif dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran biologi.

Downloads

Published

2025-07-13

Issue

Section

Pendidikan Biologi

Similar Articles

41-49 of 49

You may also start an advanced similarity search for this article.