Minat siswa terhadap Snowball Game pada pembelajaran biologi materi pewarisan sifat kelas XII SMA Negeri 3 Banjarmasin
Keywords:
game edukatif, minat belajar, pembelajaran biologi, pewarisan sifat, snowballAbstract
Abstrak
Meskipun Snowball Game telah banyak diterapkan di berbagai jenjang pendidikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui tingkat minat siswa dalam konteks pembelajaran Biologi, khususnya pada materi Pewarisan Sifat di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi minat siswa terhadap metode pembelajaran Snowball Game dalam mata pelajaran Biologi dengan fokus pada topik Pewarisan Sifat di kelas XII SMA Negeri 3 Banjarmasin. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei melalui kuesioner, melibatkan siswa sebagai responden untuk menilai aspek minat, motivasi, dan pengalaman belajar melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Snowball Game berhasil menarik minat siswa dengan presentase rata-rata responden 35% memilih Sangat Setuju (SS) dan 65% memilih Setuju S). Mayoritas siswa menyatakan bahwa pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif, yang membantu mereka memahami konsep pewarisan sifat dengan lebih baik. Metode ini juga meningkatkan motivasi siswa untuk aktif terlibat dalam diskusi kelas, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kolaboratif. Dengan demikian, Snowball Game direkomendasikan sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Biologi, terutama pada materi yang memerlukan pemahaman konsep yang kompleks.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Riski Amelia, Nana Citrawati Lestari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SNPBio-ULM is licensed under CC BY-SA 4.0