Kajian strategi pembelajaran guru biologi di SMA Negeri 10 Banjarmasin
Keywords:
biologi, guru, pembelajaran, peserta didik, strategi PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi mengajar guru pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA Negeri 10 Banjarmasin. Fokus penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah guru biologi kelas XI SMA Negeri 10 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru biologi memiliki tingkat apresiasi yang tinggi terhadap siswanya selama pembelajaran di kelas dan diluar kelas. (2) Guru biologi memposisikan diri sebagai sumber belajar yang dilengkapi dengan Lembar Kerja Siswa (LKPD) dan sumber belajar lainnya. (3) Guru biologi menyampaikan materi kepada siswa melalui metode ceramah, diskusi, presentasi, dan tanya jawab. (4) Proses pembelajaran dilakukan secara praktik. (5) Terjalinnya ikatan emosional antara guru dan siswa merupakan salah satu faktor dalam penerapan strategi pembelajaran, dan jumlah siswa di kelas XI kurang lebih 35 siswa perkelasnya, dengan total 7 rombel (rombongan belajar). (6) Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah keikutsertaan siswa dan tingkat keaktifan dalam membantu diri sendiri selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi bermanfaat. Guru biologi mengapresiasi peserta didik dan menggunakan pendekatan konstruktif dengan melihat bahwa mereka telah meninjau materi pelajaran. Sebagai salah satu komponen praktis dalam proses pembelajaran, metode ceramah digunakan agar materi mudah dipahami. Jarak emosional antara siswa dan guru melemahkan proses pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Akhmad Fauzan, Novina Putri, Fujianor Maulana (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SNPBio-ULM is licensed under CC BY-SA 4.0