Kompetensi digital calon guru biologi dan sikap terhadap kecerdasan buatan dalam pendidikan
Keywords:
kecerdasan buatan, kompetensi digital, sikap digital, AI, calon guruAbstract
Integrasi kecerdasan buatan (AI) di bidang pendidikan semakin cepat, memahami sikap calon guru terhadap AI dapat menjadi krusial untuk dipelajari. Kami berpendapat bahwa kemampuan kompetensi digital bagi calon guru berpengaruh terhadap sikap meraka terhadap AI. Itulah sebabnya penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah Kompetensi Digital Guru terkait dengan Sikap Guru terhadap AI. Sebanyak 64 calon guru biologi turut andil dalam penelitian yang sedang menempuh Pendidikan di universitas. Kami meneggunakan 2 kuisioner untuk menyelidiki sikap digital (dengan 4 indikator) dan komptensi digital (dengan 5 indikator). Analisi regresi digunakan untuk meyelidiki keterkaitan kompetensi digital dan sikap calon guru. Hasilnya kompetensi digital guru signifikan jika dikaitkan dengan sikap calon guru terhadap AI. Itu berarti, jika kemampuan kompetensi digital colon guru meningkat maka sika calon guru terhadap AI juga akan meningkat. Hal ini sangat positif karena dengan kompetensi dan sikap yang beriringan maka calon guru dapat menciptakan situasi kelas yang menarik bagi siswa saat mereka mengajar nantinya. Berdasarkan hasil ini juga menarik untuk menerapkan intervensi masa depan berdasarkan AI untuk meningkatkan dimensi utama kompetensi digital calon guru, seperti Manajemen Informasi, Pembuatan Konten, dan Pemecahan Masalah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bimo Aji Nugroho, Adelya Setia Nirmala, Munira Munira (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SNPBio-ULM is licensed under CC BY-SA 4.0